Jumlah Penerima Beras Gratis Jokowi Bakal Ditambah

Jakarta, CNBC Indonesia – Perum Bulog mengungkapkan rencana pemerintah yang akan menambah angka keluarga penerima manfaat (KPM) sebanyak 8% dari sebelumnya 21,4 KPM menjadi 22 juta KPM.

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Manajer Humas dan Kelembagaan Perum Bulog Tomi Wijaya dalam konferensi pers di kantor pusat Perum Bulog, Jumat (15/12/2023).

“Keluarga penerima manfaat dari Menko PMK sebesar 21,4 juta KPM. Ini terus dilakukan update Menko PMK, akan bertambah 8% jadi totalnya menjadi 22 juta KPM,” kata Tomi.

Tak hanya itu, pemerintah juga berencana melanjutkan bantuan pangan beras hingga Maret 2024. Kemudian, lanjut Tomi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mempertimbangkan agar bantuan beras ini dilanjutkan sampai Juni 2024, setelah melihat kembali APBN.

“Kemarin beliau (Jokowi) menyampaikan akan mengecek lagi APBN yang ada. (Rencananya) akan menambah program ini hingga Juni 2024. Insya Allah kalau APBN cukup terus terealisasi sampai 6 bulan ke depan bantuan pangan beras 10 kg per keluarga,” ujarnya.

Presiden Joko Widodo meninjau langsung bantuan pangan cadangan beras pemerintah di Gudang Bulog DKI Jakarta-Banten yang berlokasi di Kelapa Gading, Senin (11/9/23). (Dok. Humas BUMN)Foto: Presiden Joko Widodo meninjau langsung bantuan pangan cadangan beras pemerintah di Gudang Bulog DKI Jakarta-Banten yang berlokasi di Kelapa Gading, Senin (11/9/23). (Dok. Humas BUMN)
Presiden Joko Widodo meninjau langsung bantuan pangan cadangan beras pemerintah di Gudang Bulog DKI Jakarta-Banten yang berlokasi di Kelapa Gading, Senin (11/9/23). (Dok. Humas BUMN)

Sebelumnya, Direktur Human Capital Bulog Purnomo Sinar Hadi menyampaikan, pihaknya selaku operator mendukung penuh program pemerintah seperti Bantuan Pangan ini yang bertujuan untuk menyejahterakan masyarakat ini dan menyiapkan stok beras yang dibutuhkan sebaik mungkin.

“Kami akan menyesuaikan dengan data penerima yang baru untuk tahun depan sesuai dengan update terbaru dari Kemenko PMK melalui Badan Pangan Nasional. Selanjutnya juga kami pastikan stok beras yang tersedia di Gudang-gudang BULOG seluruh Indonesia dalam jumlah yang sangat aman,” ujar Purnomo dalam keterangan tertulisnya.

Adapun stok Cadangan Beras Pemerintah yang dimiliki Bulog saat ini ada sebanyak 1,4 juta ton. Disamping itu juga masih ada tambahan stok impor beras sesuai penugasan yang diberikan kepada Bulog guna menambah kekuatan Cadangan Beras Pemerintah. https://yangterbaik.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*