Canda Jokowi: Cat Kota-kota di RI Mirip Warna Partai Politik

Jakarta, CNBC Indonesia РPresiden Joko Widodo (Jokowi) menyinggung warna cat yang dominan di suatu kota. Menurutnya, hal tersebut identik dengan sebuah partai yang dominan pada kota itu.

Candaan itu diungkapkan Jokowi ketika membuka Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) 2023 di Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat, Jumat (15/12/2023).

“Saya kadang-kadang kalau masuk ke sebuah kota dari sisi catnya saja saya sudah tahu ini dari partai apa,” kata Jokowi.

Menurutnya, memang agak terlalu dipaksakan jika warna cat gedung pemerintahan juga disesuaikan dengan sosok pemimpin dan partai politiknya.

“Saya enggak sebut partai apa. Dari partai A langsung cat-nya, ungu, menyinggung, catnya ungu. Waduh enggak nyambung kantor-kantornya pemkot juga dicat ungu, ini apa toh ini,” ujar Jokowi.

“Kalau saya sudah hampir setiap hari sih ke daerah. Jadi tahu ini dari partai ini walikotanya ini dari partai ini termasuk baju yang kita pakai sekarang ini,” sambungnya.

Dalam kesempatan itu, Jokowi berharap pemerintah kota memiliki gagasan juga desain besar untuk menonjolkan karakteristik masing-masing kota.

“Ke depan memang harus betul-betul gagasan-gagasan besarnya kita rencanakan, kita desain sehingga kita memiliki kota-kota dengan kekuatan-kekuatannya dengan keunggulan-keunggulannya sendiri-sendiri, tidak sama semuanya. Karena banyak sekali produk-produk unggulan dari setiap kota itu yang membuat kota itu terkenal,” jelasnya. https://ujiemisiapel.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*