Bayar Tol Tanpa Buka Kaca di Bali Diuji, Bebas Macet?

Jakarta, CNBC Indonesia РPemerintah saat ini tengah melakukan uji coba teknologi MLFF atau sistem pembayaran tol tanpa henti berbasis Global Navigation Satelit System (GNSS) di Tol Bali-Mandara. Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian bahkan mengungkapkan bahwa pemerintah menerapkan berbagai skenario dalam uji coba tersebut.

“Kita memang sekarang ini sedang melakukan uji coba, bahkan pada hari ini kita melakukan berbagai skenario testing untuk transisi yang kita sebut single lane free flow (SLFF),” katanya dalam dalam Konferensi Pers Persiapan Nataru ‘Skema Pengaturan Jalan Nataru dan Kesiapan Jalan Alternatif & Tol’ di Youtube FMB9ID_IKP pada Jumat (15/12/2023).

Adanya uji coba tersebut menimbulkan pertanyaan mengenai potensi kemacetan yang timbul, apalagi di momen liburan Nataru nanti Bali biasanya dikunjungi lebih banyak wisatawan. Meski demikian, Hedy mengklaim hal itu sudah diantisipasi sehingga tidak mengganggu aktivitas di jalan tol.

“Kami sampaikan uji coba ini memang hanya hanya diterapkan di satu lajur dedicated yang biasanya juga untuk lajur keperluan hal-hal mendesak atau darurat, jadi tidak akan mengganggu keseluruhan berfungsinya gerbang-gerbang tol di Bali-Mandara,” sebutnya.

Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Jalan Tol Bali-Mandara (Dok PTBA)Foto: Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Jalan Tol Bali-Mandara (Dok PTBA)
Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Jalan Tol Bali-Mandara (Dok PTBA)

Pemerintah menargetkan proses transisi penerapan MLFF diharapkan dapat berjalan dengan cepat. Rencananya, pemerintah tidak menggabungkan dengan sistem tapping yang sudah berjalan saat ini, melainkan bakal menghapus sistem tapping yang ada saat ini ke depannya.

Adapun uji coba transisi MLFF pada tahap awal hanya akan diberlakukan di lajur 4 Gerbang Tol Ngurah Rai dan baru akan mulai diterapkan pada seluruh lajur gerbang tol pada Maret 2024.

“Uji coba telah dimulai sejak Minggu ke-2 November 2023 dan akan terus disempurnakan kesiapan alat dan simulasinya. Direncanakan mulai 12 Desember 2023 hingga Januari 2024 untuk peluncuran uji coba terbatas khususnya bagi kendaraan pegawai pemerintah,” ucap Direktur Jalan Bebas Hambatan Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Triono Junoasmono. https://kerasnya.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*